Minggu, 25 September 2016

Cara Menyayangi diri sendiri



1. Tentukan tujuan-tujuan hidup. Selain tujuan jangka panjang, tentukan tujuan-tujuan jangka pendek. Bisa mencapai tujuan jangka pendek menciptakan kepuasan dan memotivasi kamu untuk mengejar tujuan-tujuan lainnya.

2. Bekerja lebih efektif. Minimalkan lembur. Datang dan pulang kerja tepat waktu, dan buat serta patuhi manajemen waktu. Dengan begitu, kamu punya lebih banyak waktu untuk keluarga dan diri sendiri.

3. Fokus pada solusi. Anggap setiap masalah adalah tantangan. Jangan ngomel-ngomel atau panik berkepanjangan saat muncul masalah. Tenangkan diri, atur napas, cobalah untuk fokus mencari solusi terbaik dari setiap masalah. Jika sulit, minta pendapat orang lain yang bisa dipercaya. Tapi jangan sekadar curhat, ya. kamu harus tetap fokus bahwa kamu sedang mencoba mencari solusi masalah.

4. Berbagi beban. Jika memungkinkan, delegasikan beberapa tugas kamu kepada orang lain, baik itu tugas-tugas di rumah maupun kantor.

5. Jaga kesehatan. Mulailah rutin berolahraga, pilih yang paling kamu sukai dan tidak cepat membuat kamu bosan. Makan makanan bergizi dan alami, hindari junk food semacam gorengan pinggir jalan. Tidur cukup, minum banyak air putih. Keduanya penting untuk menangkal stres. Kekurangan air putih menyebabkan dehidrasi, sehingga tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik dan berujung stres.

6. Menabung untuk diri sendiri. Selain tabungan keluarga, miliki tabungan khusus diri sendiri, yang bisa kamu gunakan untuk traveling dan persiapan saat pensiun.

7. Hindari pikiran negatif tentang diri sendiri. Terlalu kritis pada diri sendiri akan meningkatkan level stres. Pahami keunikan, kelebihan, dan keterbatasan Anda. Tingkatkan dan syukuri kelebihan kamu, dan maafkan kekurangan diri.

8. Berhentilah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Setiap orang memiliki jalan hidup, keberuntungan, dan kebahagiaan masing-masing. Tidak akan ada yang sama.

9. Hindari rasa bersalah. Jika kamu tidak bisa memenuhi satu dari sekian banyak hal dalam hidup, let it go. Belajarlah untuk berkata, 'Tidak', jika kondisi kamu memang tidak memungkinkan untuk berkata, 'Ya'.

10. Pahami perasaan dan emosi diri sendiri. Kecewa, sedih, marah, adalah perasaan-perasaan normal. Tapi jangan biarkan itu semua menumpuk dalam diri. Belajarlah mengelola emosi dengan lebih baik.

11. Miliki ‘me-time’. Memberi jarak pada semua beban dan rutinitas harian, lalu melakukan sesuatu yang kamu sukai atau inginkan hanya dengan diri sendiri atau teman-teman, itu penting. Ini bukan berarti kamu tidak bertangggung jawab terhadap anak-anak, keluarga, dan pekerjaan. Justru ini bisa me-recharge baterai dalam diri. Kalau kamu bahagia, keluarga juga bahagia, kan.

12. Bersyukur. Setiap bangun pagi, set pikiran positif dan ucapkan syukur kamu bisa bangun dan siap beraktivitas. Di akhir hari, catat semua pencapaian kamu hari itu, dan bersyukurlah. Fokus pada semua anugerah akan melerai stres, yang artinya kamu lebih mencintai diri sendiri.sumber klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar