Senin, 19 September 2016

Motivasi dalam bermasyarakat...




Sebagai makhluk sosial memang kita diwajibkan untuk saling bantu membantu antar sesama. Tidaklah baik bagi kita jika kita mengesampingkan bantuan orang lain atau dengan kata lain tidak mau menerima bantuan orang lain. Coba kita renungkan dengan logika. Bagaimana hasilnya jika kita merasa yang paling hebat, orang lain tidak ada apa-apanya. Kemudian suatu ketika kita sakit dan tidak sanggup beraktivitas seperti biasa. Ketika dipikir pastinya kita akan membutuhkan pertolongan orang lain, sebab walaupun kita memiliki badan yang besar tetap saja kita membutuhkan bantuan orang lain ketika sakit dan tidak berdaya.

Jika kita hidup berdampingan dengan masyarakat (saya sebut dalam perkampungan atau pedesaan) kita tidak akan bisa berjalan sendiri, meskipun di awal kita bisa hidup sendiri namun dalam perjalanan tetangga kanan kiri kita akan bertanya-tanya kenapa bisa begitu. Hal ini berbeda dengan kehidupan di perumahan, memang disana disetging individu, jarang terjadi interaksi antar tetangga karena umumnya mereka yang berada di perumahan orang yang memiliki tingkat aktivitas yang tinggi, sehingga berangkat kerja pagi-pagi dan pulang pada sore bahkan malam hari. tapi hal itu tidak berlaku bagi semua perumahan, tetap ada juga perumahan yang menjunjung nilai-nilai persaudaraan yang tinggi dengan begitu hidup di kampung maupun di perumahan akan tetap sama saja dan hal ini lebih baik.

Hidup harus bersosial dengan masyarakat. Coba kita lihat di kehidupan desa, mereka pasti akan akrab antar satu rumah dengan rumah yang lain. Lihat rumah warganya mereka tidak memiliki pagar besar layaknya di dalam perumahan perkotaan, dimana dengan pagar akan membatasi interaksi antar keduanya.
sumber klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar